Menu Diet Ibu Pasca Melahirkan

MASA-masa nifas pasca melahirkan, tubuh ibu membutuhkan asupan-asupan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun, ibu harus berhati-hati memilih makanan karena apa yang dimakan merupakan nutrisi ASI untuk bayi.


Masa postpartum merupakan masa kritis di mana pada saat tersebut akan menimbulkan berbagai komplikasi, di antaranya yaitu perdarahan dan infeksi. Kekurangan zat besi, sembelit dan kelesuan adalah beberapa hal yang mungkin diderita para ibu.


Di saat kondisi badan tidak fit, ibu perlu mengeluarkan lebih banyak energi dan membutuhkan lebih banyak kalsium. Namun, ibu harus pintar dan bijak memilih menu. Pasalnya, bayi mengambil nutrisi dari apa yang diasup ibu. Sehingga ibu harus berhati-hati terhadap bakteri dari sayuran yang dicuci, susu yang tidak dipasteurisasi, air tanpa filter atau daging mentah.


Apa sajakah yang ibu perlu lakukan..?? Berikut paparannya sebagaimana dilansir Times of India, Senin (16/7/2012) :


Tingkatkan asupan kalori


Ibu membutuhkan energi ekstra, setidaknya dalam enam bulan pertama, karena ibu akan menyusui bayi lebih sering. Jadi ibu perlu makan lebih banyak kalori, yang berasal dari makanan-makanan ringan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.


Jika Anda bukan seorang vegetarian, makanlah irisan daging dalam sup dan kaldu tanpa bumbu yang terlalu banyak dan minyak.


Tingkatkan zat besi


Usai bersalin seorang ibu kehilangan banyak darah, kadar zat besi nya pun belum pulih normal. Ibu membutuhkan asupan sayur seperti bayam lebih banyak dalam menu makan harian.


Sayuran penambah darah lainnya, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.


Susu kalsium


Ibu membutuhkan asupan kalsium, agar sang bayi pun mendapatinya dari ASI. Jika ibu mengalami toleran laktosa atau tidak dapat minum susu, kalsium bisa didapat dari brokoli, kacang almond, ikan salmon, lobak yang direbus, yogurt, kacang dan susu kedelai, tahu, oatmeal, keju, biji wijen, buah jeruk, dan sayuran kale.


Hindari dehidrasi


Saat-saat postpartum, ibu membutuhkan banyak cairan. Cairan pun diperlukan untuk melancarkan dan memperbanyak suplai ASI. Jika ibu kekurangan cairan, maka akan rawan mengalami sembelit.


Walaupun sembelit dapat diatasi dengan obat, tetapi karena obat tersebutakan melewati bayi, jadi lebih baik untuk mengambil tindakan pencegahan.


Banyaklah makan buah yang mengandung air. Ibu juga bisa menjadikan yoghurt sebagi makanan selingan karena tidak hanya memiliki feses yang lunak tetapi juga memiliki probiotik penting untuk menjaga Infeksi Saluran Kemih (ISK). (ina)



Herbalife Shake merupakan Nutrisi yang kaya akan kandungan yang dibutuhkan oleh Ibu Hamil, Ibu Pasca Melahirkan hingga Ibu ketika menyusui. *lihat di bagian
http://langsingdansehatyuk.weebly.com/pengalaman-kami.html
 


Comments




Leave a Reply

    Terima kasih atas kunjungan Anda...